----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Survei Harga Jual Rumah Anda





harga jual rumah

Survei Harga Jual Rumah Anda

Anda ingin menjual rumah anda, dan mangalami kebingungan mengenai harga jual rumah anda..? Segera lakukan survei harga jual rumah anda…

Jualsewarumah – Harga terlalu tinggi sudah pasti akan membuat pembeli takut untuk mendekat. Sebaliknya bila harga terlalu rendah tentu akan merugikan anda sendiri. Nah supaya harga pas sesuai harga pasaran dan tentu keuntungan pun dapat anda raih, maka lakukan survei, untuk dijadikan pembanding dan pegangan sebagai patokan harga rumah yang akan anda jual.

Survei Lingkungan
Lakukan survei lingkungan atau kawasan, berapa pasaran harga rumah dijual di lokasi rumah anda berada. Data dan catat harga jualnya, dan perhatikan beberapa poin penting yang harus anda ingat dalam melakukan survei. Poin, seperti luas tanah dan bangunan, legalitas (sertifikat), karakteristik rumah (arah hadap, bebas banjir atau tidak, bentuk dan usia bangunan, material yang digunakan dan lain-lain). Dengan demikian, akan membuka gambaran berapa kira-kira harga pasaran yang pantas untuk rumah yang akan anda jual.

Analisa Harga
Setelah melakukan survei lingkungan, analisa semua data yang anda dapat, lalu pisahkan menjadi dua bagian yaitu, analisa harga tanah dan analisa harga bangunan. Setelah mendapat harga tanah dan harga bangunan, maka sebaiknya anda sebagai penjual naikkan harga 20% di atas harga yang di dapat tadi. Kenaikan tadi untuk antisipasi akan adanya negosiasi.

Tapi ingat anda sebagai penjual harus sudah menentukan harga terendah untuk rumah tersebut (floor price), sementara si pembeli juga sudah pasti akan menentukan harga tertinggi yang mampu mereka bayar (ceiling price). Nah diantara ceiling price dengan floor price inilah akan terjadi negosiasi, kemudian transaksi yang akan menghasilkan kesepakatan antara penjual dan pembeli lalu muncullah harga atau nilai dari rumah anda tersebut (market price).

Namun, jika anda sebagai penjual rumah tidak sempat melakukan survei untuk menentukan harga, bisa menggunakan jasa Agen Properti di sekitar kawasan rumah yang anda jual, tapi ingat tentu pilih agen yang sudah mempunyai kredibilitas yang bagus,  atau ada baiknya juga menggunakan jasa penilai properti (appraisal) jika anda ingin menjual rumah anda secara mandiri.

Namun untuk jasa appraisal dikenai biaya. Jika hanya sebuah rumah saja biasanya sikenakan biaya Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta tergantung tingkat kesulitan atau besar kecil properti anda, namun jika kolektif (banyak rumah / lebih dari 1) seperti yang biasa dilakukan pihak perbankan, dikenai biaya Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu per unit.

 



Catatan : Data yang tercantum diatas untuk status keberadaan properti atau harganya, kami tidak menjamin masih valid atau sudah terjual, bisa langsung menghubungi kontak pengiklannya, terimakasih harap maklum.


Tags:

Category: Blog | RSS 2.0 | Give a Comment | trackback
No Comments
Leave a Reply